Menkumham Semringah Presiden Mengesahkan UU Paten, Pelindungan KI Makin Kuat

Selasa, 01 Oktober 2024 – 10:55 WIB
Menkumham Semringah Presiden Mengesahkan UU Paten, Pelindungan KI Makin Kuat - JPNN.com Bali
Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas memberikan keterangan kepada awak media setelah presiden mengesahkan RUU Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten. Foto: Kemenkumham

bali.jpnn.com, JAKARTA - Presiden Republik Indonesia resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten.

Pengesahan ini dilakukan dalam Rapat Paripurna yang diadakan pada Senin, 30 September 2024 di Gedung DPR, Jakarta.

Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas menyampaikan bahwa perubahan undang-undang ini merupakan langkah penting dalam memperkuat sistem paten di Indonesia.

Terutama untuk meningkatkan pelindungan terhadap invensi-invensi di tanah air, serta menyelaraskan dengan ketentuan internasional.

"Perjuangan untuk perubahan ketiga tentang UU Paten ini persiapannya cukup panjang.

Kami telah mempersiapkannya sejak 2019 dan akhirnya hari ini disahkan.

Tentu kita berharap dengan pengesahan ini dapat menjawab tantangan terkait perkembangan ilmu pengetahuan dan mendorong untuk menjadikan paten menjadi salah satu pengakuan negara terhadap KI,” ujar Menkumham Supratman Andi Agtas.

RUU ini merupakan hasil kerja keras Panitia Khusus (Pansus) dan Panitia Kerja (Panja), yang telah menjalankan serangkaian rapat intensif guna merumuskan perubahan yang diperlukan dalam undang-undang paten.

Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas menyampaikan bahwa perubahan undang-undang ini merupakan langkah penting dalam memperkuat sistem paten di Indonesia.
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News