Segera Dideportasi, Imigrasi Maumere Pindahkan WN Filipina ke Rudenim Kupang NTT

Selasa, 08 Februari 2022 – 19:31 WIB
Segera Dideportasi, Imigrasi Maumere Pindahkan WN Filipina ke Rudenim Kupang NTT - JPNN.com Bali
WN FIlipina berinsial RLA (kanan) saat tiba di Rudenim Kupang. Foto: ANTARA/Ho-Imigrasi Maumere

bali.jpnn.com, KUPANG - Terkait dengan masuknya warga negara Filipina ke Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui jalur tikus, begini kelanjutannya.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere, Kabupaten Sikka, memindahkan WN Filipina berinisial RLA itu ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Kupang sebelum dideportasi ke negara asalnya.

Kepala Imigrasi Kelas II TPI Maumere Eko Julianto Rachmad, saat dihubungi dari Kupang, Selasa (8/2), mengatakan bahwa sebelum dipindahkan ke Kupang, RLA telah menjalani tes swab untuk memastikan bahwa yang bersangkutan bebas Covid-19. 

"RLA diantar oleh petugas kami menggunakan pesawat Wings Air IW 1820 untuk kemudian ditempatkan di Rudenim Kupang sebelum dideportasi ke negara asalnya," katanya.

Untuk proses pendeportasian sendiri belum diketahui secara pasti karena menjadi kewenangan Rudenim Kupang.

Ia menambahkan bahwa warga Filipina tersebut dikenakan Pasal 75 ayat (1) dan (2) Undang-Undang No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian karena tidak menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan dikenakan tindakan administratif keimigrasian berupa pendeportasian ke negara asal.

Sebelumnya diberitakan Tim Intel dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere, Kabupaten Sikka, mengamankan seorang warga negara Filipina berinisial RLA yang memasuki wilayah NTT melalui jalur tikus.

Warga negara (WN) Filipina itu diamankan di Kelurahan Olakile, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo, karena tinggal di daerah itu tanpa dokumen keimigrasian sejak Juli 2021.

Segera dideportasi, pihak imigrasi Maumere putuskan untuk memindahkan WN Filipina ke Rudenim Kupang NTT
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News