Kasus Korupsi Pembangunan Rumah di Kupang Terkuak, Nama-nama Ini Segera Diusut

Rabu, 05 Januari 2022 – 18:23 WIB
Kasus Korupsi Pembangunan Rumah di Kupang Terkuak, Nama-nama Ini Segera Diusut - JPNN.com Bali
Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejaksaan Tinggi NTT, Abdul Hakim Foto: ANTARA FOTO/ Benny Jahang

bali.jpnn.com, KUPANG - Nyaris satu dekade berlalu, akhirnya Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur berhasil mengungkap adanya kasus korupsi pada tahun anggaran 2012 di Kabupaten Kupang.

"Kejaksaan Tinggi NTT menemukan adanya perbuatan melawan hukum dalam proyek pembangunan rumah berpenghasilan rendah senilai Rp2 miliar Tahun Anggaran 2021 di Kabupaten Kupang," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejaksaan Tinggi NTT Abdul Hakim kepada wartawan di Kupang, Rabu (5/1).

Ia menjelaskan proyek pembangunan rumah bagi warga tidak mampu itu dilakukan Kementerian Perumahan Rakyat pada Satker Penyediaan Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) Direktif Residen di Provinsi NTT tahun 2012.

Ia menjelaskan berdasarkan hasil gelar perkara dilakukan penyidik Kejaksaan NTT terungkap adanya tindak pidana penyuapan untuk memuluskan pembangunan rumah bagi warga tidak mampu di Kabupaten Kupang.

"Berdasarkan hasil gelar perkara maka kasus ini ditingkatkan dari penyelidikan menjadi penyidikan karena ada unsur melawan hukum," tegasnya. 

Dia menjelaskan penyidik Kejaksaan Tinggi NTT segera melakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak terkait di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), kontraktor pelaksana maupun aparat terkait di Kabupaten Kupang. 

"Dalam pekan depan proses pemeriksaan sudah mulai dilakukan oleh penyidik Kejaksaan Tinggi NTT," tegasnya.

Dia menjelaskan pengerjaan puluhan unit rumah sederha bagi warga tidak mampu itu dilakukan kontraktor asal Jakarta yang diduga menggunakan bendera pihak lain.

Kasus korupsi mengenai pembangunan rumah di Kabuaten Kupang akhirnya terkuak, nama-nama ini segera diusut
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News