Jokowi Semringah UMKM di Bali Tembus Ekspor ke 7 Negara

Kamis, 06 Oktober 2022 – 17:07 WIB
Jokowi Semringah UMKM di Bali Tembus Ekspor ke 7 Negara - JPNN.com Bali
Presiden Jokowi berbincang dengan salah satu pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) seusai membuka Konferensi ke-3 Ekonomi Kreatif atau World Conference on Creative Economy (WCCE) 2022 di Nusa Dua, Bali, Kamis (6/10). Foto: ANTARA/HO - Shopee

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menyempatkan diri berbincang-bincang dengan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) di Bali seusai membuka Konferensi ke-3 Ekonomi Kreatif atau World Conference on Creative Economy (WCCE) 2022 di Nusa Dua, Kamis (6/10).

Jokowi mendatangi pelaku UMKM yang telah mengekspor produk Indonesia ke tujuh negara, pemilik usaha Kampung Souvenir, Kurniawan Purnomo.

Jokowi mendengar dengan seksama penjelasan Kurniawan Purnomo menjalankan bisnisnya agar bisa bertahan saat pandemi Covid-19 menerjang.

"Saya merintis bisnis oleh-oleh khas Bali sejak 2009, penjualannya cukup baik sampai akhirnya pandemi menghantam dan omzet saya berkurang drastis.

Untungnya berkat adanya platform digital yang memiliki program ekspor, bisnis saya bisa bangkit lagi, bahkan omzetnya naik hingga 200 persen," ucap Kurniawan pada Kamis.

Tidak hanya berhasil menyelamatkan bisnisnya yang terdampak pandemi, Kurniawan juga berhasil mengekspor produk tas rotannya ke tujuh negara, termasuk di antaranya Brasil dan Meksiko.

“Ya saya bersyukur sekali, yang tadinya cuma jualan oleh-oleh seperti tas rotan dan daster untuk turis di Bali, ternyata bisa juga berjualan ke luar negeri,” kata Kurniawan di depan Presiden Jokowi.

Jokowi mengapresiasi seluruh pihak yang turut membantu pelaku UMKM untuk bangkit dan menjadi solusi meningkatkan taraf hidup masyarakat luas.

Presiden Jokowi semringah mendengar penjelasan UMKM di Bali kini bisa tembus ekspor ke 7 negara seusai pandemi Covid-19 mereda
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News