Jokowi: Perang Ukraina-Rusia Picu Krisis Global, Ajak Hakim Konstitusi Berkolaborasi

Kamis, 06 Oktober 2022 – 05:44 WIB
Jokowi: Perang Ukraina-Rusia Picu Krisis Global, Ajak Hakim Konstitusi Berkolaborasi - JPNN.com Bali
Presiden Jokowi membuka Kongres Ke-5 Konferensi Badan Peradilan Konstitusi Sedunia Tahun 2022 di Nusa Dua, Bali, Rabu (5/10/). Foto: ANTARA/Desca Lidya Natalia

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengatakan dunia saat ini menghadapi masalah yang sama.

Saat berupaya menerapkan keadilan konstitusional (constitutional justice), pada waktu yang sama semua negara di dunia harus menangani beberapa krisis.

Menurut Presiden Jokowi, pada saat pandemi Covid-19 belum berakhir sepenuhnya, dunia kembali dikejutkan dengan perang antara Rusia dengan Ukraina yang mengacaukan rantai pasok perdagangan global.

"Krisis pangan, krisis energi, dan krisis finansial tidak terhindarkan lagi," ujar Presiden Jokowi membuka Kongres Kelima Konferensi Badan Peradilan Konstitusi Sedunia Tahun 2022 di Nusa Dua, Bali, Rabu malam (5/10/).

Presiden Jokowi yakin 119 negara yang hadir dalam konferensi ini harus berjuang menghadapi masalah yang sama.

"Bagaimana menghadapi krisis pangan, bagaimana krisis energi, dan bagaimana menghadapi krisis finansial," kata Presiden Jokowi.

Perang Rusia dan Ukraina dan masing-masing sekutunya yang belum ada tanda-tanda akan segera berhenti ikut memperparah keadaan.

Menurut Presiden Jokowi, perang yang berkelanjutan akan mengakibatkan krisis dunia yang berkelanjutan.

Presiden Jokowi: Perang Ukraina-Rusia memicu krisis global berkelanjutan, mengajak hakim konstitusi di seluruh dunia untuk berkolaborasi
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News