12 Kapal Perang TNI AL Kawal KTT G20 di Bali, Jenderal Bintang Dua Jadi Kodal Ops

Selasa, 27 September 2022 – 19:38 WIB
12 Kapal Perang TNI AL Kawal KTT G20 di Bali, Jenderal Bintang Dua Jadi Kodal Ops - JPNN.com Bali
Ilustrasi TNI AL mengerahkan 12 kapal perang untuk mengamankan agenda KTT G20 di Bali November 2022. Foto: Antaranews NTB/Sadim

bali.jpnn.com, JAKARTA - TNI Angkatan Laut menyiapkan 12 kapal perang (KRI) untuk mengamankan KTT G20 yang berlangsung di Bali, November 2022.

Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan akan menunjuk Pangkoarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat sebagai komando pengendalian operasi (Kodal Ops).

Jenderal bintang dua TNI AL ini mendapat tugas khusus untuk mengamankan perairan Bali dan sekitarnya dari potensi gangguan keamanan selama KTT G20 berlangsung.

Menurut Laksamana TNI Yudo Margono, rencana pengamanan KTT G20 masih dalam rapat pembahasan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Dalam rapat itu juga sudah saya laporkan bahwa kita siap nanti dengan unsur-unsur yang digelar, apakah nanti penggerakan unsur dari pangkalan atau menggunakan unsur gelar.

Ini masih dalam rapat, dengan anggaran yang ada harus kita proyeksikan berapa KRI yang disiapkan," kata Laksamana TNI Yudo Margono seusai sertijab (Pangkoarmada RI) dari Laksamana Madya TNI Abdul Rasyid kepada Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto di Koarmada I, Jakarta.

Ada kemungkinan pengamanan perairan Bali melibatkan kapal perang asing yang delegasinya ikut serta dalam KTT G20.

"Karena ini wilayah teritorial Indonesia, ya tentunya kita yang akan mengendalikan mereka.

TNI AL menyiapkan 12 kapal perang untuk mengawal sekaligus mengamankan agenda KTT G20 di Bali, jenderal bintang dua ditunjuk jadi Kodal Ops

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News