Raja IX Denpasar Minta DPD RI Koreksi Sistem Politik dan Demokrasi Indonesia

Minggu, 07 November 2021 – 09:28 WIB
Raja IX Denpasar Minta DPD RI Koreksi Sistem Politik dan Demokrasi Indonesia - JPNN.com Bali
Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattaliti mendapatkan cinderamata berupa keris dari Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan kemarin. Foto: ANTARA/ Ni Luh Rhismawati

bali.jpnn.com, DENPASAR - Raja IX Denpasar, Bali, Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan meminta DPD RI mengoreksi sistem politik dan demokrasi Indonesia.

Penegasan Raja IX Denpasar tersebut dilontarkan saat menerima kunjungan Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti bersama rombongan senator di Jaba Pura Pemerajan Puri Agung Denpasar, Sabtu (6/11).

Menurut Raja IX Denpasar, sistem demokrasi saat ini tak sejalan dengan arah perjuangan bangsa yang berlandaskan Pancasila.

"Demokrasi kita impor dari luar.

Kami ingin kita berdemokrasi dengan falsafah Pancasila yang mengedepankan musyawarah, gotong-royong dan toleransi.

Apakah sistem demokrasi bangsa kita bisa dikoreksi, sehingga kami yang menjaga muruah budaya ini bisa menghadang perpecahan," ujar Raja IX Denpasar Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan.

Menurutnya, sebagai entitas yang dekat dengan masyarakat adat, kerajaan dan keraton Nusantara menilai sistem demokrasi yang dipraktikkan di Indonesia tak lagi sejalan dengan keinginan para pendiri bangsa.

Raja IX Denpasar juga menitipkan harapan pada Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dan jajaran senator lainnya agar RUU Masyarakat Hukum Adat dapat segera disahkan menjadi undang-undang.

Raja IX Denpasar minta DPD RI ikut mengoreksi sistem politik dan demokrasi Indonesia yang dinilai sudah melenceng dari falsafah Pancasila
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News