Sirkuit Mandalika Rampung, Siap Gelar WSBK 2021 dan MotoGP, Ini Pandangan Bappenas

Jumat, 20 Agustus 2021 – 18:18 WIB
Sirkuit Mandalika Rampung, Siap Gelar WSBK 2021 dan MotoGP, Ini Pandangan Bappenas - JPNN.com Bali
Lintasan utama Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 Km di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), saat diabadikan dari udara. Foto: Antara/Agatha Olivia Victoria

bali.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Proyek lintasan utama “main track” Jalan Kawasan Khusus (JKK) yang menjadi lintasan Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 Km di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), tuntas dikerjakan.

Dengan tuntasnya lintasan utama menunjukkan Indonesia siap menjadi tuan rumah ajang World Superbike Championship (WSBK) 2021 dan MotoGP 2022.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas menilai, keberadaan Sirkuit Mandalika akan meningkatkan devisa dan pendapatan daerah Provins NTB.

“Ujungnya pendapatan masyarakat lokal akan ikut meningkat,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Rudy Prawiradinata.

Keberadaan Sirkuit Mandalika akan menarik turis domestik dan internasional untuk mendatangi tetangga Pulau Bali itu.

“Keberadaan sirkuit membuat kegiatan otomotif reguler berpotensi diadakan di NTB setiap tahun, baik skala internasional, regional, nasional maupun lokal,” katanya.

Dampak turunannya, akan akan mendorong kegiatan ekonomi lokal melalui pariwisata, baik hotel, restoran, perdagangan, pertanian, dan industri pengolahan ringan.

"Salah satunya juga meningkatkan penjualan cendera mata dan industri pengolahan makanan, di samping akan mendorong sektor jasa lainnya," paparnya.

Dengan rampungnya Sirkuit Mandalika, potensi pendapatan daerah dan devisa negara akan meningkat seiring datangnya wisatawan asing maupun lokal
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News