Jadi Sirkuit Kelas Dunia, Ini Kelebihan Sirkuit Mandalika yang Perlu Anda Tahu

Senin, 16 Agustus 2021 – 19:37 WIB
Jadi Sirkuit Kelas Dunia, Ini Kelebihan Sirkuit Mandalika yang Perlu Anda Tahu - JPNN.com Bali
Sirkuit Mandalika akhirnya tuntas dikerjakan. Sirkuit ini dipersiapkan untuk menggelar ajang WSBK 2021 dan MotoGP 2022. Sirkuit ini punya kelebihan yang tidak dimiliki sirkuit lain di dunia. Foto: Antara/Riza Fahriza

bali.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Lintasan utama Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 Km di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) akhirnya tuntas dikerjakan.

Sirkuit yang dirancang untuk event balap motor internasional FIM Superbike World Championship (WSBK) pada 12-14 November 2021 dan MotoGP 2022 ini punya kelebihan yang tidak dipunyai sirkuit lain di dunia. Apa saja kelebihannya?

Menurut Direktur Konstruksi dan Pengembangan MGPA, Dwianto Eko Winaryo, sirkuit Mandalika menggunakan aspal terbaru Stone Mastic Asphalt (SMA).

"Tidak semua sirkuit di dunia menggunakan aspal jenis ini. Karena produknya baru ke luar 2015. Yang sudah itu baru Silverstone, Dubai, dan Philip Iland,” ujar Dwianto Eko Winaryo.

Menurutnya, Sirkuit Sepang yang dibangun tahun 2012, belum menggunakan aspal jenis SMA ini.

Karena itu, Sirkuit Mandalika satu level di atas Sirkuit Sepang, Malaysia.

Dwianto menjelaskan, SMA merupakan bahan campuran aspal dan digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal.

Lapisan aspal ini diperuntukkan demi memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan agar tetap kuat dengan prinsip kontak stone by stone untuk memperkuat struktur lapisan.

Sirkuit Mandalika kebanggaan Indonesia punya kelebihan dibanding sirkuit lain seperti Sirkuit Sepang, Malaysia dan Sirkuit Chang, Thailand
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News