Deteksi Dini Covid-19, Polres Manggarai Turunkan Bhabhinkamtibmas Jadi Tim Pelacak

Sabtu, 14 Agustus 2021 – 08:21 WIB
Deteksi Dini Covid-19, Polres Manggarai Turunkan Bhabhinkamtibmas Jadi Tim Pelacak - JPNN.com Bali
Para Bhabinkamtibmas Polres Manggarai saat mengikuti pelatihan tim pelacak (tracer) covid-19 di Mapolres Manggarai. Para Bhabhinkamtibmas dibekali ilmu pelacakan saat melakukan tracing, testing dan treatment. Foto: Antara/Fransiska Mariana Nuka

bali.jpnn.com, MANGGARAI - Aparat kepolisian Polres Manggarai, Nusa Tenggara  Timur (NTT), ikut turun tangan mengatasi dampak pandemi covid-19.

Para Bhabhinkamtibmas Polres Manggarai bakal diturunkan sebagai tim pelacak (tracer) untuk membantu Satgas melakukan tracing, testing dan treatment (3T).

Menurut Kapolres Manggarai AKBP Bambang Hari Wibowo, sebagai ujung tombak kepolisian di wilayah pedesaan, Bhabhinkamtibmas menjadi garda terdepan dalam mencegah dan menanggulangi covid-19.

“Saya minta Bhabinkamtibmas tanggap terhadap situasi yang berkembang dan mampu mendeteksi dini penyebaran covid-19 di wilayahnya masing-masing,” ujar AKBP Bambang Hari Wibowo.

Untuk itu, para Bhabhinkamtibmas diwajibkan mengikuti pelatihan agar bisa bertugas sebagai anggota tracer covid-19.

“Dengan begitu, mereka mampu melakukan deteksi dini dan sosialisasi pencegahan COVID-19," kata Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo.

Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat Paskalina Kusumawati mengatakan, 3T adalah salah satu cara paling ampuh mendeteksi secara dini penyebaran covid-19 di wilayah.

 Oleh karena itu, pelatihan diberikan agar tim pelacak dapat melakukan tugasnya untuk mencari dan memantau kontak erat selama karantina dan isolasi.

Bhabhinkamtibmas Polres Manggarai bakal diturunkan sebagai tim pelacak (tracer) untuk membantu Satgas melakukan tracing, testing dan treatment (3T).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News