Hanya Angin Kencang Biasa, BMKG Pastikan Tak Terdeteksi Bibit Siklon di NTT

Sabtu, 07 Agustus 2021 – 05:38 WIB
Hanya Angin Kencang Biasa, BMKG Pastikan Tak Terdeteksi Bibit Siklon di NTT - JPNN.com Bali
Ilustrasi. (dok.JPNN)

bali.jpnn.com, JAKARTA - Beredarnya informasi tentang potensi munculnya bibit siklon tropis di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam beberapa hari ke depan mendapat tanggapan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

BMKG memastikan sampai saat ini tidak terdeteksi potensi badai tropis di wilayah selatan Indonesia, khususnya Nusa Tenggara Timur (NTT) maupun di sekitar Australia.

 “Berdasar hasil analisis dinamika atmosfer terbaru teridentifikasi adanya pola Pusat Tekanan Tinggi di benua Australia bagian selatan dengan tekanan udara hingga mencapai 1.034 mb,” ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto melalui siaran persnya.

Keberadaan pusat tekanan tinggi di wilayah tersebut memicu peningkatan kecepatan angin di beberapa wilayah di Indonesia, terutama di Indonesia bagian selatan ekuator, termasuk NTT.

Guswanto mengatakan, kondisi ini memberikan dampak signifikan pada timbulnya angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah perairan di sekitar NTT.

“Kondisi yang terjadi di wilayah NTT masih dapat terjadi hingga beberapa hari ke depan. Namun demikian, ini bukan badai atau siklon seperti Siklon Tropis Seroja yang terjadi di NTT pada awal April lalu,” beber Guswanto.(ant/lia/JPNN)

BMKG memastikan sampai saat ini tidak terdeteksi potensi badai tropis di wilayah selatan Indonesia, khususnya Nusa Tenggara Timur (NTT)

Redaktur & Reporter : Ali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News