LKBN ANTARA: Wartawan Turut Perangi Hoaks, Begini Caranya?

Selasa, 28 Desember 2021 – 12:06 WIB
LKBN ANTARA: Wartawan Turut Perangi Hoaks, Begini Caranya? - JPNN.com Bali
Kepala Biro Antara NTB saat acara diskusi lawan hoax bersama wartawan di Hotel Santika Mataram, Selasa (28/12). Foto: ANTARA/Staf Antara

bali.jpnn.com, NUSA TENGGARA BARAT - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara mengajak para jurnalis di Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk memerangi berita palsu di tengah era digital saat ini. 

“Peran media di tengah informasi hoaks di masyarakat sangat penting," kata Kepala Biro Antara NTB Riza Fahriza saat acara diskusi bersama wartawan NTB di Hotel Santika, Mataram, Selasa (28/12).

Pihaknya mengatakan, media sosial saat ini begitu kuat dan netizen menelan semua informasi yang viral tanpa memilah-milah terlebih dahulu terkait keakuratan informasi tersebut.

Untuk itulah diharapkan peran media dan junalis dalam mengklarifikasi informasi yang berkembang termasuk meluruskan informasi hoaks yang disebarkan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. 

"Ini supaya informasi yang berkembang tidak liar, di sinilah peran media penting dalam melawan hoaks," katanya. 

Menurut dia, berita-berita hoaks justru berbahaya bagi kemajuan pembangunan di NTB termasuk dalam pengembangan pariwisata. 

Oleh sebab itu, LKBN Antara terus melakukan pencegahan terhadap informasi hoaks supaya berita yang viral di media sosial maupun di masyarakat sesuai dengan fakta. 

"Kreasi terus dilakukan dan menjadi garda terdepan memberikan citra positif untuk kemajuan pembangunan di Indonesia," katanya.

LKBN ANTARA: Wartawan harus turut perangi Hoaks yang berkembang di era digital, begini caranya?
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News