Sate Lilit Ikan Berformalin Ditemukan di Denpasar, BBPOM Minta Semeton Waspada

Rabu, 19 April 2023 – 06:40 WIB
Sate Lilit Ikan Berformalin Ditemukan di Denpasar, BBPOM Minta Semeton Waspada - JPNN.com Bali
BBPOM menunjukkan hasil uji sate lilit ikan berformalin di Denpasar, Bali, Selasa kemarin (18/4). Foto: ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

bali.jpnn.com, DENPASAR - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) minta semeton Bali waspada setelah menemukan sate lilit ikan berformalin di Denpasar.

Fakta tersebut terkuak saat BBPOM melakukan pengawasan pangan buka puasa yang dilakukan di Pasar Takjil Ramadan, Masjid Baiturrahmah, area Kampung Muslim Wanasari Denpasar.

Tim BBPOM menguji 21 sampel.

BBPOM juga mengambil sampel makanan berwarna, bakso, kerupuk dan jajanan yang berpotensi mengandung boraks, selain sate lilit ikan.

"Selama Ramadan kami melakukan pengawasan terkait produk pangan yang beredar, kemudian pengawasan makanan buka puasa berkaitan dengan takjil.

Ini titik ke sembilan, sebelumnya semua memenuhi syarat dan hari ini kita menemukan satu sampel mengandung formalin," kata Kepala BBPOM Denpasar Made Bagus Gerametta.

Menurut Made Bagus Gerametta, tak ada temuan terhadap 20 sampel lainnya.

Pada sate lilit ikan, BBPOM mendapat adanya zat formalin terlihat dari cairan yang berubah warna menjadi ungu, bahkan setelah tiga kali diuji.

Semeton Bali wajib waspada setelah sate lilit ikan berformalin ditemukan di Denpasar di area Pasar Takjil Ramadan Denpasar, BBPOM minta semeton waspada
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News