Disbud Jaring Seniman Muda, Gelar Lomba Tari Barong Ket dan Mekendang Tunggal

Sabtu, 16 Oktober 2021 – 00:15 WIB
Disbud Jaring Seniman Muda, Gelar Lomba Tari Barong Ket dan Mekendang Tunggal - JPNN.com Bali
Ilustrasi tari barong ket. Foto: Disbud Kota Denpasar

bali.jpnn.com, DENPASAR - Lomba Tari Barong Ket dan Mekendang Tunggal khusus usia muda akan digelar di tingkat Denpasar, November mendatang.

Tujuannya, untuk menjaring bibit seniman muda.

Lomba yang dikhususkan untuk batasan usia 25-25 tahun ini akan dihelat pada 7-18 November di Dharma Negara Alaya, Denpasar.

Menurut Plt. Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Kota Denpasar, AA Gde Risnawan, lomba kesenian daerah ini juga sebagai ajang pembuktian bahwa pandemi Covid-19 tidak serta merta mematikan seni dan budaya Bali.

"Tari Barong Ket dan Mekendang Tunggal di era sekarang ini sangat digandrungi oleh generasi muda di seluruh Bali," kata AA Gde Risnawan.

Lewat kaderisasi seniman muda berbakat ini, kata Gung Risnawan, nantinya akan memudahkan perhelatan-perhelatan kesenian sakral di Denpasar.

Tari Barong Ket dan Mekendang Tunggal merupakan sebuah bentuk pementasan yang berpasangan dan saling keterkaitan.

Lomba kali ini bersifat terbuka untuk generasi muda Kota Denpasar dengan peserta maksimal 24 pasang Juru Kendang dan Juru Bapang Barong Ket.

Disbud Denpasar jaringan seniman muda dengan menggelar lomba tari barong ket dan mekendang tunggal yang akan digelar November mendatang