Suket Palsu Keluar Masuk Bali, KKP Gilimanuk: Kami Arahkan Rapid Antigen Ulang

Jumat, 20 Agustus 2021 – 08:13 WIB
 Suket Palsu Keluar Masuk Bali, KKP Gilimanuk: Kami Arahkan Rapid Antigen Ulang - JPNN.com Bali
10 orang pelaku perjalanan yang tidak membawa bukti vaksin di Pelabuhan Gilimanuk, dikembalikan lagi ke Pelabuhan Ketapang, Selasa (17/8) lalu. (Istimewa)

bali.jpnn.com, GILIMANUK - Petugas validasi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Gilimanuk blak-blakan sering mendapati pelaku perjalanan membawa surat keterangan vaksin dan rapid test palsu, serta surat keterangan milik orang lain.

Modus tersebut tidak hanya dilakukan pelaku perjalanan yang akan keluar Bali, tetapi juga digunakan pelaku perjalanan yang masuk Bali.

“Kalau sudah seperti itu, kami minta pelaku perjalanan untuk rapid antigen ulang dan vaksin di puskesmas terdekat,” ujar Koordinator KKP Gilimanuk Yeti Sugiarti dikutip dari Radarbali.id.

Yeti Sugiarti mengaku, langsung berkoordinasi dengan pihak berwajib saat menemukan ada surat keterangan diduga palsu dan milik orang lain yang digunakan pelaku perjalanan.

Yang jelas, meski tidak setiap hari terjadi, modus tersebut sudah sering terjadi di lapangan.

“Setiap pemeriksaan kami teliti dulu. Selain memeriksa berkas dan identitas, pelaku perjalanan juga harus buka masker untuk memastikan. Karena kalau lihat sepintas tidak kelihatan,” kata Yeti.

Yeti menambahkan, bagi pelaku perjalanan yang ditemukan menggunakan kartu vaksin orang lain pada pagi hari langsung diarahkan ke Puskesmas Gilimanuk untuk vaksin.

Namun, kalau sudah sore hari, jika ada yang belum membawa vaksin maupun membawa vaksin orang lain, maka dikembalikan ke daerah asalnya.

KKP Gilimanuk mendapati banyak suket vaksin maupun antigen palsu di pintu keluar masuk Bali. Mereka yang kedapatan, langsung diarahkan vaksin dan rapid ulang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News