Fenomena Alam!! Terpapar Belereng, Puluhan Ton Ikan di Danau Batur Mati

Jumat, 23 Juli 2021 – 19:44 WIB
Fenomena Alam!! Terpapar Belereng, Puluhan Ton Ikan di Danau Batur Mati - JPNN.com Bali
Puluhan ton ikan di keramba jaring apung di Danau Batur, Kintamani, mati terpapar semburan belereng sejak beberapa hari lalu (istimewa)

bali.jpnn.com, BANGLI - - Fenomena alam tahunan kembali terulang di Danau Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

Sejak Rabu (14/7) lalu, puluhan ton ikan mati terpapar semburan belerang yang muncul dari dasar Danau Batur.

Laporan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Bangli, puluhan ton ikan yang mati tersebut ada di Keramba Jaring Apun (KJA) milik peternak ikan setempat.

“Ada kurang lebih 50 ton ikan mati. Itu hitungan kasar, untuk kepastiannya masih kami hitung,” ujar Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Bangli, I Wayan Sarma, Jumat (23/7) dikutip dari Baliexpress.id.

Menurut Sarma, jumlah ikan yang mati kali ini lebih banyak dibanding peristiwa serupa awal Maret 2021 lalu. Saat itu sekitar 14 ton ikan mati.

“Kali ini ikan yang mati lebih banyak karena semburan belerang terjadi hampir di semua titik KJA, beda dengan bulan Maret lalu,” kata Sarma.

Sekitar 26 ton bangkai ikan sudah dikubur dinas, sisanya dibawa peternak ikan di Desa Pengotan, Kintamani, Bangli.

Sarma menyakinkan semburan belereng Jumat hari ini mulai berkurang. Karena itu kematian ikan diperkirakan tidak akan terjadi lagi seperti beberapa hari lalu.

Sejak Rabu (14/7) lalu, puluhan ton ikan mati terpapar semburan belerang yang muncul dari dasar Danau Batur.
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News