Pencemaran di Danau Batur Kintamani Bali Bikin Cemas, Kementerian LHK Merespons

Jumat, 24 Mei 2024 – 09:49 WIB
Pencemaran di Danau Batur Kintamani Bali Bikin Cemas, Kementerian LHK Merespons - JPNN.com Bali
Wisatawan menikmati pemandangan gunung dan danau di kawasan wisata Geopark Gunung Batur, Kintamani, Bangli, Bali, dengan latar Danau Batur. Foto: ANTARA/Fikri Yusuf/foc/15.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Pencemaran air di Danau Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali dalam kondisi mencemaskan.

Namun, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) tidak memberikan detail tingkat pencemaran di danau terbesar di Bali itu.

Danau Batur menjadi salah satu dari 15 danau dalam kondisi kritis di Indonesia.

Keputusan tersebut ditetapkan berdasar Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 tahun 2020 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional.

"Kenapa 15 danau ini menjadi prioritas? karena kondisinya kritis," kata Direktur Rehabilitasi Perairan Darat dan Mangrove Kementerian LHK Inge Retnowati di Badung, Bali.

Menurut Inge Retnowati, pencemaran air berpotensi terjadi akibat kegiatan pertanian atau perikanan di badan danau.

Oleh karena itu, perlu peningkatan pengendalian pencemaran air baik yang ada di badan danau maupun di daerah tangkapan air.

Pasalnya, di daerah tangkapan yang menyuplai air danau, berpotensi terjadi pencemaran salah satunya akibat aktivitas rumah tangga.

Pencemaran di Danau Batur Kintamani Bali bikin cemas karena aktivitas pertanian dan perikanan, Kementerian LHK merespons
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News