Mantan Gubernur Pastika Dorong Warga Bali Menekuni Pertanian, Hasilnya Tidak Main-main

Senin, 27 Desember 2021 – 06:35 WIB
Mantan Gubernur Pastika Dorong Warga Bali Menekuni Pertanian, Hasilnya Tidak Main-main - JPNN.com Bali
Anggota DPD RI Made Mangku Pastika saat melakukan reses di Agro Learning Center di Denpasar. Foto: ANTARA/Ni Luh Rhismawati.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Mantan Gubernur Made Mangku Pastika mendorong para petani di Provinsi Bali menekuni pertanian jika ingin sukses dan sejahtera.

Serius dan fokus dengan pilihan hidup menjadi petani.

Mantan Kalakhar BNN ini menyayangkan seringkali generasi muda Bali tertarik kuliah di fakultas pertanian, karena berharap setelah lulus kuliah bisa menjadi PNS.

Bukan terjun ke sawah, bergelut dengan lumpur.

"Atau malah maunya jadi kadis pertanian, padahal posisi kadis itu hanya satu orang," ujar Pastika saat acara reses di Agro Learning Center di Denpasar.

Anggota Komite 2 DPD itu kemudian menyinggung program Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri) yang digagasnya saat masih menjabat Gubernur Bali.

Menurut Pastika, program Simantri yang diluncurkan pertama kali pada 2009 hingga 2018 sudah terbentuk sebanyak 800 unit Simantri yang pendanaannya dibantu oleh Pemprov Bali.

Dia mengemukakan, untuk setiap sapi dari 20 ekor sapi yang dipelihara di unit Simantri setidaknya per hari dapat memberikan nilai tambah Rp 50 ribu dari hasil pengolahan kotoran dan urine sapi menjadi pupuk organik dan biourine.

Mantan Gubernur Bali Made Mangku Pastika mendorong warga Bali menekuni pertanian, hasilnya tidak main-main
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News