Pemilu 2024: 7 TPS di Denpasar Bali Seluruh Petugasnya Perempuan, Unik

Jumat, 09 Februari 2024 – 06:42 WIB
Pemilu 2024: 7 TPS di Denpasar Bali Seluruh Petugasnya Perempuan, Unik  - JPNN.com Bali
Ilustrasi petugas KPPS saat menyiapkan bilik suara di TPS 17, Banjar Kertasar Denpasar, Bali, pada Pilkada 2020 yang semuanya diisi oleh petugas perempuan. Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Ketua KPU Kota Denpasar Dewa Ayu Sekar Anggraeni mengatakan ada tujuh tempat pemungutan suara (TPS) yang seluruh petugasnya perempuan pada Pemilu 2024.

Mulai dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), pengawas TPS, petugas ketertiban, hingga saksi.

Dewa Ayu Sekar Anggraeni mengatakan keberadaan para perempuan ini untuk menindaklanjuti arahan KPU Bali yang mensyaratkan minimal ada satu TPS perempuan di tiap kabupaten/kota.

Tujuh lokasi TPS perempuan itu, yakni TPS 1 Dangin Puri Kauh dan TPS 26 Peguyangan (Denpasar Utara), TPS 19 di Banjar Ratna Bhuwana Sumerta Kauh (Denpasar Timur).

Kemudian TPS 33 Banjar Kaja, Panjer (Denpasar Selatan), TPS 5 dan 7 Banjar Batukandik, Padangsambian Kaja, dan TPS 20 Banjar Bhuana Kubu, Tegal Harum (Denpasar Barat).

“TPS Perempuan di Kota Denpasar sebenarnya sejak Pemilu 2014.

Awalnya melibatkan kader posyandu dan PKK sebagai anggota KPSS,” ujar Dewa Ayu Sekar Anggraeni di Denpasar kemarin.

"Menjadi KPPS ini merupakan cikal bakal partisipasi perempuan sebagai penyelenggara pemilu.

Pemilu 2024: KPU Denpasar mengungkap 7 TPS di Denpasar Bali seluruh petugasnya perempuan, tersebar di sejumlah kecamatan, unik
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News