FIXED! Kerbau Mati di Area Sirkuit Mandalika Karena Penyakit Pneumonia

Jumat, 01 Oktober 2021 – 03:15 WIB
FIXED! Kerbau Mati di Area Sirkuit Mandalika Karena Penyakit Pneumonia - JPNN.com Bali
Petugas BBVet Denpasar saat mengambil daging kerbau yang sudah disembelih sebagai sempel untuk kemudian diuji laboratorium, Senin (13/9) lalu. (M Haeruddin/Radarlombok.co.id)

bali.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Kasi Kesehatan Hewan Distanak Lombok Tengah, Firman Hidayatullah memastikan penyebab kematian ternak kerbau milik warga Desa Kuta, Kecamatan Pujut di area Sirkuit Mandalika murni disebabkan penyakit hewan.

Penyebab ini terkuak setelah Distanak Lombok Tengah bersama Balai Besar Veteriner Denpasar turun meneliti organ tubuh kerbau milik warga.

Sampel laboraturium menunjukkan, matinya kerbau ini disebabkan penyakit pneumonia yang mengarah pada penyakit septicaemia epizootica (SE).

Penyakit ini cenderung disebabkan infeksi bakteri, virus, dan jamur.

Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut agar tidak menular ke hewan lain, Distanak akan melakukan vaksinasi ternak kerbau warga.

 “Hasil laboratorium sudah keluar dan penyebab kematian murni karena penyakit hewan dengan jenis penyakit pneumonia atau gangguan pernapasan

dan mengarah pada penyakit septicaemia epizootica.

Ini penyakit lama dan tercatat sebagai jenis penyakit menular,” ujar Firman Hidayatullah dilansir dari Radarlombok.co.id.

Distannak Lombok Tengah ungkap penyebab kematian ternak kerbau di area Sirkuit Mandalika karena penyakit pneumonia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News