Dana Bencana Seroja NTT Mandek, Nilainya Rp 800-an Miliar, Tersumbat di mana ya?

Selasa, 15 Februari 2022 – 15:50 WIB
Dana Bencana Seroja NTT Mandek, Nilainya Rp 800-an Miliar, Tersumbat di mana ya? - JPNN.com Bali
Rumah warga Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang rusak akibat terjangan badai siklon tropis seroja beberapa waktu lalu. (ANTARA FOTO/ Benny Jahang)

bali.jpnn.com, KUPANG - Dana bantuan bencana alam badai siklon tropis seroja di Nusa Tenggara Timur (NTT) rupanya belum disalurkan.

Untuk itu, Pemprov NTT mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk mempercepat pendistribusiannya.

Dana tersebut mencapai Rp 849,3 miliar lebih.

"Kami berharap pemerintah kabupaten/kota segera mendistribusikan bantuan dana seroja, karena dana bantuan itu sudah ditransfer ke rekening pemerintah kabupaten/kota pada Desember 2021," kata Kepala Badan Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT Ambrosius Kodo, ketika dihubungi di Kupang, Selasa (15/2).

Ia menjelaskan dana bantuan seroja yang telah didistribusikan BNPB pada 31 Desember 2021 tersebut diberikan untuk 16 kabupaten/kota yang terdampak.

"Dana bantuan itu langsung ditransfer ke rekening pemerintah kabupaten/kota sehingga bisa lebih cepat dalam distribusi kepada penerima bantuan," lanjutnya. 

Ia mengatakan pemerintah kabupaten/kota perlu melakukan verifikasi dan validasi terhadap kerusakan guna memastikan keuangan negara itu digunakan sesuai peruntukannya.

Menurut dia, dari data yang diajukan saat dilakukan verifikasi oleh Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) BNPB terdapat data kerusakan yang tidak diakomodir sebanyak 2.935 usulan, terdiri atas rusak berat 1.807 unit, rusak sedang 286 unit dan ringan 842 unit.

Distribusi dana untuk bencana Seroja di NTT masih mandek, nilainya Rp 800-an miliar, tersumbat di mana ya?
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News