Gubernur NTT Viktor Laiskodat Bangun Kampung Nelayan, Perhatikan Peradaban Maritim di Manggarai Barat

Senin, 07 Februari 2022 – 10:45 WIB
Gubernur NTT Viktor Laiskodat Bangun Kampung Nelayan, Perhatikan Peradaban Maritim di Manggarai Barat - JPNN.com Bali
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat kunjungan ke Desa Warloka bersama PBNU dalam rangkaian acara perayaan Hari Lahir ke 96 NU di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Sabtu (5/2/2022). Foto: ANTARA/Fransiska Mariana Nuka

bali.jpnn.com, LABUAN BAJO - Kehidupan di kampung nelayan juga layak untuk mendapat perhatian pemerintah.

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat mendorong kolaborasi pemerintah bersama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk membangun peradaban maritim di Kampung Nelayan Warloka, Desa Warloka Pesisir, Manggarai Barat. 

"Kita harus buat standar peradaban nelayan, bangun peradaban maritim di sini," kata Gubernur Viktor di Manggarai Barat saat kunjungan ke Desa Warloka bersama PBNU dalam rangkaian acara perayaan Hari Lahir ke-96 NU di Labuan Bajo, Sabtu (5/2). 

Dalam dialog di hadapan para warga Warloka, dia menekankan pentingnya ekosistem yang baik untuk membangun suatu masyarakat maritim. 

Kolaborasi pun harus dibangun oleh pemerintah provinsi (pemprov) bersama pemerintah pusat melalui kementerian/lembaga dan organisasi masyarakat, seperti PBNU.

Gubernur Viktor ingin kolaborasi tersebut menghasilkan sebuah desain model kampung nelayan yang bisa menjadi contoh bagi orang yang berkunjung ke Warloka. 

Menurut dia, ketika membangun suatu masyarakat maritim, perlu ada suatu ekosistem yang diisi dari sektor pariwisata, kelautan, dan perikanan, yakni nelayan, industri seperti restoran, yang akan saling mengisi dan menjadi model atau contoh bagi pembangunan kampung nelayan berikutnya. 

"Kolaborasi harus terlihat di kampung nelayan ini," pintanya. 

Gubernur NTT Viktor Laiskodat siap bangun kampung nelayan, untuk lebih memperhatikan peradaban maritim di Manggarai Barat
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News