Imigrasi Atambua Perketat Lalu Lintas Warga Asing, Bentuk Timpora di Wilayah Perbatasan

Jumat, 11 Februari 2022 – 22:39 WIB
Imigrasi Atambua Perketat Lalu Lintas Warga Asing, Bentuk Timpora di Wilayah Perbatasan - JPNN.com Bali
Sejumlah perwakilan dari berbagai unsur berpose dalam kegiatan pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT, yang berbatasan langsung dengan Distrik Oecusse Timor Leste, Jumat (11/2). Foto: ANTARA/HO-Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua

bali.jpnn.com, KUPANG - Tersebarnya titik-titik perbatasan darat antara Indonesia dan Timor Leste di Pulau Timor menginisiasi pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora).

Tim bentukan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua ini bakal berada di Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, berbatasan langsung dengan Distrik Oecusse Timor Leste.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua K.A Halim mengatakan Timpora ini dibentuk sebagai wadah komunikasi, koordinasi serta pertukaran informasi lintas instansi.

“Tujuannya untuk mencegah dampak negatif yang ditimbulkan oleh keberadaan dan kegiatan orang asing," kata K.A Halim.

Menurutnya, Timpora dibentuk melalui rapat yang melibatkan perwakilan dari berbagai unsur di antaranya Bea Cukai, Karantina, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Timor Tengah Utara.

Ikut dilibatkan Kodim 1618/Timor Tengah Utara, Satgas Pamtas RI-Timor Leste, Badan Intelijen Nasional, Babinsa, camat dan kepala desa di Kecamatan Bikomi Nilulat.

K.A Halim menjelaskan pembentukan tim itu juga atas petunjuk dari Kepala Kanwil Kemenkumham NTT Marciana D. Jone.

"Keberadaan tim ini penting mengingat tersebarnya titik-titik perbatasan darat antara Indonesia dan Timor Leste di Pulau Timor," bebernya.

Imigrasi Atambua memperketat lalu lintas warga asing, bentuk Timpora di wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News