Azam Rafiulah: Pendaki 35 Gunung di Indonesia Sebut Rinjani Harus Jadi Destinasi Wisata Internasional

Selasa, 04 Januari 2022 – 12:17 WIB
Azam Rafiulah: Pendaki 35 Gunung di Indonesia Sebut Rinjani Harus Jadi Destinasi Wisata Internasional - JPNN.com Bali
Danau Segara Anak di Gunung Rinjani dilihat dari Plawangan, Sembalun, Lombok Timur, NTB. Foto: ANTARA/dok

bali.jpnn.com, NTB - Azam Rafiulah, pendaki yang berhasil memecahkan rekor Ekspedisi Pendakian "Green Tourism" 35 gunung di Indonesia, Azam Rafiulah menyatakan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat (NTB) harus menjadi tujuan wisata internasional.

Katanya, Keberadaan Gunung Rinjani didukung oleh infrastruktur yang lengkap, dekat dengan pusat kota dan sarana maupun prasarana yang ada di wilayah area kaki Gunung Rinjani di wilayah Sembalun cukup memadai.

Oleh sebab itu, mahasiswa asal Jakarta ini berharap kepada pemerintah untuk bisa mengelola kawasan Gunung Rinjani tersebut dengan baik, sehingga bisa menjadi pusat wisata hijau di Indonesia. 

"Kalau bisa, pemerintah bisa menjadikan penggerak 'green tourism' bagi Indonesia, karena akses menuju Gunung Rinjani juga lengkap," katanya.

Selain itu, Gunung Rinjani dekat dengan Bali dan dengan adanya Sirkuit Mandalika pasti akan bisa mendatangkan wisatawan luar negeri.

"Gunung Rinjani adalah destinasi wisata yang paling lengkap, karena memiliki pemandangan alam cukup banyak seperti padang savana, kabut, air terjun, danau dan air panas," kata Azam pada acara "Ngobrol Santai" bersama Perum LKBN ANTARA Biro NTB, Senin (3/1).

Ia mengatakan selain Gunung Tambora, Gunung Rinjani merupakan gunung yang paling berkesan baginya.

Karena itu, ia menyebut Gunung Rinjani paling pantas untuk dijadikan "green tourism" (wisata hijau) ke depannya di Indonesia.

Azam Rafiulah, pemecah rekor Ekspedisi Pendakian "Green Tourism" menyebutkan Gunung Rinjani harus menjadi destinasi wisata internasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News