Presiden Jokowi: Kita Harus Bisa Produksi Obat dan Alkes Sendiri, Dimulai dengan Vaksin?

Senin, 27 Desember 2021 – 15:02 WIB
Presiden Jokowi: Kita Harus Bisa Produksi Obat dan Alkes Sendiri, Dimulai dengan Vaksin? - JPNN.com Bali
Presiden Jokowi saat memulai peletakan batu pertama (groundbreaking) Rumah Sakit (RS) Internasional Bali di Denpasar, Bali, Senin (27/12). Foto: ANTARA/HO

bali.jpnn.com, DENPASAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin agar Indonesia bisa memproduksi obat dan alat kesehatan. 

Demikian diungkapkan Presiden Jokowi saat memulai peletakan batu pertama Rumah Sakit (RS) Internasional Bali di Denpasar, Bali, Senin (27/12). 

“Alat-alat kesehatan, obat-obatan, bahan baku obat, kita harus berhenti untuk mengimpor barang-barang itu lagi, dan kita lakukan, kita produksi sendiri di negara kita,” kata Presiden Jokowi.

Di kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir juga mengatakan untuk menekan impor bahan baku obat dan akan fokus mengembangkan industri herbal di bawah naungan BUMN Indofarma.

Erick Thohir menilai Indonesia memiliki alam dan budaya yang mendukung untuk pengembangan industri herbal

“Industri herbal sendiri kita punya kekuatan Pak, memang kita mempunyai alam dan punya kultur mengenai industri herbal ini. Karena itu (BUMN) Indofarma kita akan fokus pengembangan industri herbal daripada pengobatan,” kata Erick Thohir.

Pihaknya mengaku bahwa saat ini sedang berusaha untuk menciptakan ekosistem yang dapat memperkuat ketahanan dan kemandirian kesehatan.

“Kita tahu ekosistem ini menjadi kunci. Kalau kita berdiri sendiri-sendiri, akhirnya tentu kita tidak punya kekuatan yang terpadu untuk menahan gelombang yang terjadi ke depannya,” ujar Erick Thohir.

Presiden RI Joko Widodo ingin agar Indonesia bisa produksi obat dan alkes Sendiri, dimulai dengan vaksin?
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News