BEM Unud Bongkar Korupsi Dana SPI, Padmanegara: Ada Upaya Pengondisian

Kamis, 06 April 2023 – 16:44 WIB
BEM Unud Bongkar Korupsi Dana SPI, Padmanegara: Ada Upaya Pengondisian - JPNN.com Bali
Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Udayana Bali I Putu Bagus Padmanegara memberikan keterangan pers terkait pengelolaan dana sumbangan pengembangan institusi (SPI) yang melibatkan rektor dan pejabat rektorat. Foto: ANTARA/Rolandus Nampu

bali.jpnn.com, DENPASAR - Korupsi dana sumbangan pengembangan institusi (SPI) mahasiswa baru jalur seleksi mandiri yang melibatkan Rektor Unud Profesor Nyoman Gede Antara dan tiga pejabat rektorat kian terang benderang.

Hal ini terjadi setelah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unud memberikan kajian akademis kepada penyidik Kejati Bali berisi bukti pungutan liar dana SPI.

"Dalam naskah akademik Unud pada 2018, alasan kenapa ada SPI, dengan klir dijelaskan bahwa SPI digunakan untuk sarana dan prasarana, tetapi pada kenyataannya ketika kami minta transparansi, SPI ini tidak tahu ke mana arahnya," kata Ketua BEM Unud Putu Bagus Padmanegara.

Yang mengejutkan, keberanian BEM Unud membongkar kasus ini membawa dampak panjang.

Putu Bagus Padmanegara mengatakan BEM Unud mendapatkan tekanan dari berbagai pihak termasuk dari pihak rektorat sendiri.

"Beberapa kawan kami, ada yang sempat dipanggil dan ada yang sempat diberikan pengarahan dan kami melihat ada upaya pengkondisian.

Seorang kurator BEM itu ada dipanggil terkait pembuatan video kritik fasilitas Unud.

Aktornya sendiri sempat bertemu dengan pihak rektorat dan mengatakan dia mendapatkan ancaman," klaim Padmanegara.

BEM Unud ikut membongkar korupsi dana SPI yang melibatkan rektor dan pejabat rektorat, Putu Bagus Padmanegara: ada upaya pengondisian
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News