Endek Bali Jadi Suvenir Delegasi GPDRR 2022, Kian Mendunia

Sabtu, 28 Mei 2022 – 11:17 WIB
Endek Bali Jadi Suvenir Delegasi GPDRR 2022, Kian Mendunia - JPNN.com Bali
Pedagang melayani pembeli kain tenun Endek Bali di Denpasar, Bali, Senin (22/2/2021). Kain endek jadi suvenir delegasi GPDRR 2022. Foto: ANTARA/FIKRI YUSUF

bali.jpnn.com, DENPASAR - Kain endek Bali kian mendunia setelah jadi suvenir atau buah tangan delegasi ajang Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap promosi endek Bali meluas sehingga kian populer di dunia.

Endek merupakan kain tenun yang berasal dari Bali yang memiliki ciri khas khusus dari lewat, corak, dan warna alam yang digunakan.

"Endek Bali ramah lingkungan sesuai dengan implementasi pariwisata berkonsep berkelanjutan.

Kita harapkan endek Bali ini bisa mendunia melalui penyelenggaraan GPDRR 2022 ini, sehingga bisa berdampak baik pada kebangkitan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan pembuka peluang usaha," ujar Sandiaga Uno.

Pewarnaan endek ini berbahan alami yang lebih aman terhadap kulit yang sensitif, dan lebih ramah lingkungan.

Pewarna alami ini diekstrak dari tumbuh-tumbuhan.

Seperti untuk membuat warna cokelat pastel, bahan yang digunakan adalah ekstrak kulit akar mengkudu dan kraras atau daun pisang kering.

Kain endek Bali jadi suvenir untuk para delegasi GPDRR 2022 di Nusa Dua, Bali. Kini kain Endek telah mendunia
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News