Kebijakan Berbusana Adat Bali Ala Koster Berdampak Besar, UMKM Tersenyum Lebar

Senin, 21 Oktober 2024 – 19:03 WIB
Kebijakan Berbusana Adat Bali Ala Koster Berdampak Besar, UMKM Tersenyum Lebar - JPNN.com Bali
Wayan Koster saat meninjau perajin tenun endek beberapa waktu lalu bersama mantan Menkumham Yasonna H. Laoly. Foto: Source for JPNN

bali.jpnn.com, DENPASAR - Pro dan kontra soal penggunaan busana Bali terus terjadi saat suksesi Pilkada serentak 27 November mendatang.

Namun, yang pasti, di era kepemimpinan Wayan Koster, pria asal Desa Sembiran, Tejakula, Buleleng tersebut telah berhasil membangun habitat baru tentang penggunaan busana adat Bali di lingkungan pemerintahan dan swasta.

Bukan hanya itu, seluruh hotel di Bali, perusahaan pemerintah, BUMN, swasta, lingkungan sekolah dan sebagainya kini telah menggunakan busana Bali setiap Kamis dalam sepekan dan kain endek Bali setiap Selasa dalam sepekan.

"Kalau tidak ada pemimpin cerdas (Wayan Koster, red) maka tidak akan ada UU Provinsi Bali dan regulasi lain yang melindungi Bali dan budayanya.

Krama Bali pun tidak akan bisa apa-apa.

Tanpa krama Bali sadari, saat ini setiap Kamis dan Selasa kita sudah menggunakan busana Bali dan endek Bali.

Ini sudah menjadi habitat dan kebiasaan krama Bali. Ini semua karya Wayan Koster," kata Bupati Gianyar periode 2018-2023 Made Agus Mahayastra.

Terkait dengan busana Bali, Koster telah menyiapkannya dengan sangat matang.

Wayan Koster berhasil membangun habitat baru tentang penggunaan busana adat Bali di lingkungan pemerintahan hingga swasta.
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News