Putri Koster Minta Perajin Tak Produksi Kain Songket dan Endek KW

Senin, 13 September 2021 – 00:00 WIB
Putri Koster Minta Perajin Tak Produksi Kain Songket dan Endek KW - JPNN.com Bali
Ilustrasi kain songket. (Dok. Youtube JPNN.com)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Untuk memuliakan warisan leluhur, perajin songket di Bali dilarang memproduksi kerajinan tiruan alias KW, baik kain songket atau endek dan berbagai jenis kerajinan berbahan alpaka.

Selain untuk mempertahankan warisan leluhur yang sudah dibuat susah payah, kualitas menjadi prasyarat sebuah produk bertahan di pasar.

“Karena itu, jangan sampai malah dirusak karena tergiur untung sesaat,” ujar Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Putri Koster.

Harapan itu dilontarkan Putri Koster terkait rencana Pameran Bali Bangkit III yang akan digelar tanggal 15 September di Taman Budaya Bali.

Putri Koster mengaku bangga dengan capaian para perajin pada pameran sebelumnya. Akan tetapi, pencapaian itu tidak harus membuat perajin berpuas diri karena harus tetap menjaga kualitas kerajinan daerah Bali.

"Kerajinan yang dipamerkan dan dijual merupakan cerminan sebagai masyarakat Bali," kata Putri Koster.

Istri Gubernur Bali ini berpesan kepada para perajin untuk selalu berbuat jujur saat berjualan.

Pasalnya,  hal itu bisa menjadi salah satu penilaian para pembeli.

Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Putri Koster minta perajin tak produksi kain songket dan endek tiruan alias KW
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News