Penonton MotoGP Boleh 100 Ribu, Opsi Akomodasi di Mandalika Segera Ditambah, Ungkap Menteri Sandiaga Uno

Selasa, 15 Februari 2022 – 13:14 WIB
Penonton MotoGP Boleh 100 Ribu, Opsi Akomodasi di Mandalika Segera Ditambah, Ungkap Menteri Sandiaga Uno - JPNN.com Bali
Tangkapan layar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam keterangan Weekly Press Briefing, Jakarta, Senin (14/2). ANTARA/M.Baqir Idrus Alatas

bali.jpnn.com, JAKARTA - Mengenai izin Presiden Joko Widodo untuk memperbolehkan penonton MotoGP sampai 100 ribu orang, kapasitas akomodasi belum terpenuhi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan opsi penambahan akomodasi telah disiapkan untuk perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Opsi yang dimaksud adalah dengan menyediakan hotel terapung yang berkolaborasi dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia/PELNI (Persero) dan Pelindo, operator kapal pesiar, operator kapal phinisi, pemanfaatan hunian yang layak di sekitar Mandalika, dan balai-balai pelatihan milik kementerian/lembaga.

“(Lalu) penyiapan camping ground (CG) bekerja sama dengan operator seperti Eiger dan BoboBox, serta opsi akomodasi di Bali,” tambahnya dalam keterangan Weekly Press Briefing, Jakarta, Senin (14/2). 

Rencananya, untuk CG akan dibangun di zona barat dan timur Mandalika.

“Mudah-mudahan ini dapat segera kita rampungkan, mengingat perhelatan MotoGP yang sebentar lagi akan dilaksanakan,” ujar dia.

Melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), pemerintah pusat melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah NTB dan pihak-pihak terkait seperti Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk memetakan sebaran akodomasi di daerah tersebut.

Pemetaan ini termasuk meninjau tingkat okupansi guna mengantisipasi lonjakan kebutuhan kamar hotel, homestay, dan sarana hunian pariwisata (sarhunta).

Jumlah penonton dalam ajang MotoGP diperbolehkan mencapai 100 ribu orang, pilihan akomodasi di Mandalika segera ditambah, ungkap Menteri Sandiaga Uno
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News