BBPOM Bali Gencar Sidak, 73,7 Persen Produk Beredar Telah Kedaluwarsa

Senin, 25 Desember 2023 – 06:51 WIB
BBPOM Bali Gencar Sidak, 73,7 Persen Produk Beredar Telah Kedaluwarsa - JPNN.com Bali
Kepala BBPOM di Denpasar I Gusti Ayu Agung Aryapatni saat memeriksa kemasan produk olahan pangan di swalayan Denpasar, Bali. Foto: ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

bali.jpnn.com, DENPASAR - BBPOM menemukan produk olahan pangan tidak memenuhi ketentuan (TMK) tersebar di seluruh kabupaten/kota di Bali.

Menurut Kepala BBPOM Denpasar I Gusti Ayu Agung Aryatpani, temuan sementara selama periode menjelang Natal hingga Tahun Baru 2024 mendatang mencapai 76 produk TMK.

Terdiri dari kemasan rusak sebanyak 12 item atau 15,8 persen, kedaluwarsa sebanyak 56 item atau 73,7 persen, tanpa izin edar sebanyak delapan item atau 10,5 persen.

“Total nilainya mencapai Rp 51.979.554,” ujar Kepala BBPOM Denpasar I Gusti Ayu Agung Aryatpani.

Pengawasan yang dilakukan BBPOM Denpasar telah dilakukan di 73 sarana distribusi mulai dari gudang distribusi, pasar tradisional hingga swalayan.

Dari pengawasan tersebut ditemukan 17 sarana tidak memenuhi ketentuan.

Gusti Ayu Agung Aryatpani mengatakan kegiatan pengawasan ini sengaja dilakukan dengan intensif hingga tahun baru nanti lantaran konsumsi masyarakat Bali umumnya meningkat pada periode ini.

Fokus pengawasan adalah produk pangan olahan termasuk parsel dengan menyasar pemantauan terhadap tampilannya, di mana kemasan yang dijual tidak boleh rusak atau bocor.

BBPOM Bali gencar melakukan sidak ke gudang distribusi hingga pasar, temuan sementara 73,7 persen produk yang beredar telah kedaluwarsa
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News