Sekjen PBB Kirim Pesan Penting di Bali, Sentil Kemunduran Demokrasi

Kamis, 08 Desember 2022 – 20:08 WIB
Sekjen PBB Kirim Pesan Penting di Bali, Sentil Kemunduran Demokrasi - JPNN.com Bali
Sekjen PBB Antonio Guterres saat memberikan pesan melalui rekaman video di pembukaan Bali Democracy Forum ke-15 di Nusa Dua, Bali, Kamis (8/12). Foto: ANTARA/Aria Cindyara

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengatakan bahwa demokrasi mengalami kemunduran dan perlu dibela serta diperkuat.

Antonio Guterres saat pembukaan Bali Democracy Forum (BDF) ke-15 di Nusa Dua, Bali, Kamis (8/12) mengatakan demokrasi harus terus diperkuat.

Terutama pada masa di mana ada gejolak, ketegangan, dan kekacauan, perpecahan kian melebar, orang-orang tersakiti dan demokrasi mengalami kemunduran.

“Kita berkewajiban untuk bertindak. Kita harus membela dan memperkuat demokrasi,” kata Antonio Guterres saat memberikan pesan melalui rekaman video.

Sekjen PBB asal Portugal ini lantas menyoroti pentingnya mempromosikan aturan hukum dan sifat universal dari semua jenis hak dasar manusia.

Termasuk dari segi ekonomi, sosial, politik, sipil, dan kebudayaan.

Menurutnya, semua pihak harus memegang teguh prinsip demokratis terkait inklusivitas dan dialog, yang menjadi tumpuan dari kontrak sosial yang diperbaharui dan kunci dari perdamaian.

Dia juga menyerukan bahwa ketimpangan dan ketidakadilan di berbagai lini perlu ditangani.

Sekjen PBB Antonio Guterres mengirim pesan penting saat membuka Bali Democrazy Forum (BDF) di Nusa Dua, Badung, Bali, sentil kemunduran demokrasi
Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News