Rusia dan Ukraina Pilih Berdamai di Bali, Kompak Hadiri BDF 2022 di Nusa Dua

Rabu, 07 Desember 2022 – 06:51 WIB
Rusia dan Ukraina Pilih Berdamai di Bali, Kompak Hadiri BDF 2022 di Nusa Dua - JPNN.com Bali
Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah saat dijumpai di sela-sela gelaran Bali Civil Society and Media Forum di Nusa Dua, Bali, kemarin. Foto: ANTARA/Aria Cindyara

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Konflik antara Rusia dan Ukraina pecah sejak Februari 2022 dan sampai saat ini belum ada tanda-tanda bakal mereda.

Namun, di tengah peperangan yang terjadi antara dua negara yang dahulu bernama Uni Sovyet ini, ada titik perdamaian.

Perwakilan kedua negara terkonfirmasi bakal menghadiri Bali Democracy Forum (BDF) ke-15 yang digelar di Nusa Dua, Badung pada 8 Desember 2022.

“Kalau kita lihat dari daftar peserta tampak ya di situ ada Ukraina dan Rusia juga, dan negara-negara lain yang memang sekarang sedang mengalami ketegangan hubungan,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah di Nusa Dua, Badung, Bali.

Juru Bicara Kemlu RI itu menjelaskan bahwa perwakilan yang akan hadir diperkirakan datang dari tingkat Duta Besar kedua negara, di mana keduanya akan hadir secara fisik di Bali.

“Mereka konfirmasi hadir dari Jakarta, kalau tidak salah hadir dari Jakarta ke Bali,” ujar Teuku Faizasyah.

Menurutnya, dalam konteks ketegangan geopolitik saat ini, forum BDF menjadi wadah yang tepat sebagai satu-satunya forum yang dapat menghadirkan negara-negara yang berkonflik sekalipun.

Teuku Faizasyah menjelaskan bahwa semangat dari BDF adalah proses yang tidak menggurui atau patronizing.

Rusia dan Ukraina pilih berdamai sementara waktu di Bali, perwakilan kedua negara kompak menghadiri BDF 2022 di Nusa Dua
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News