Dinkes Bali Gandeng Balian Obati Pasien di RS Bali Mandara, Wow

Rabu, 06 Oktober 2021 – 03:15 WIB
Dinkes Bali Gandeng Balian Obati Pasien di RS Bali Mandara, Wow - JPNN.com Bali
Kadiskes Bali dr. Nyoman Suarjaya mengatakan, RS Bali Mandara akan menerapkan pelayanan pengobatan tradisional mulai Januari 2022 mendatang. Foto: Antara/Ni Luh Rhismawati

bali.jpnn.com, DENPASAR - Hal baru dilakukan Dinas Kesehatan Bali pada awal Januari 2022.

Jika tidak ada aral melintang, Dinas Kesehatan Bali bakal mengandeng para balian untuk memberikan layanan pengobatan tradisional terintegrasi di RS Bali Mandara (RSBM) Denpasar.

Rencana ini sudah didiskusikan dengan Gubernur Wayan Koster dan mendapat persetujuan dari pimpinan daerah di Bali ini.

Menurut Kadiskes Bali dr. Nyoman Suarjaya, pihaknya akan menyiapkan poliklinik khusus untuk pengobatan tradisional yang dilayani para balian di RSBM Denpasar.

“Di poliklinik khusus ini akan dilengkapi dengan layanan pijat menggunakan teknik akupuntur dan akupresur," ujar dr. Suarjaya.

Kata dr. Suarjaya, masyarakat juga dapat menikmati layanan konsultasi dengan para "balian" di poliklinik pengobatan tradisional di rumah sakit milik Pemprov Bali ini.

Yang perlu dipahami dan diketahui masyarakat, para ‘balian’ yang dilibatkan nanti bukanlah sembarang orang yang mengaku-ngaku sebagai ‘balian’.

Selain sudah terdaftar di di Dinas Kesehatan kabupaten/kota dan juga menjadi anggota di Gotra Pengusada yang merupakan Asosiasi Penyehat Tradisional Bali.

Dinas Kesehatan Bali gandeng balian obati pasien di RS Bali Mandara. Menurut rencana, pengobatan alternatif di RS ini dimulai Januari 2022