Rasakan Nyeri Usai Suntik Vaksin Dosis Ketiga, Dirut RS Buleleng: Itu Normal!

Jumat, 06 Agustus 2021 – 11:27 WIB
Rasakan Nyeri Usai Suntik Vaksin Dosis Ketiga, Dirut RS Buleleng: Itu Normal! - JPNN.com Bali
Suasana vaksinasi dosis ketiga kepada para tenaga kesehatan di Kabupaten Buleleng kemarin. (Eka Prasetya/Radar Bali)

bali.jpnn.com, SINGARAJA - Puluhan tenaga kesehatan baik dari RS Buleleng maupun puskesmas menjalani vaksinasi dosis ketiga di Aula SMKN 3 Singaraja kemarin (5/8).

Rasa nyeri dirasakan tenaga kesehatan usai disuntik vaksin. Rasa nyeri itu juga dirasakan Dirut RS Buleleng dr. Putu Arya Nugraha, Sp.PD meski masih dianggap normal.

Menurut laporan Satgas Covid-19 Buleleng, tim vaksinasi rata-rata menyuntikkan 50 dosis vaksin dengan merk Moderna kepada tenaga kesehatan tiap harinya.

Semua jenjang tenaga kesehatan mendapat jatah vaksin booster. Usai suntik vaksin, dr. Arya dipantau tim vaksinasi selama 30 menit untuk memantau efek samping penggunaan vaksin moderna.

Dr Arya mengaku efek samping yang muncul hanya rasa nyeri pada lengan. Ia menganggap rasa nyeri itu sebagai pertanda yang baik bagi proses vaksinasi.

“Kalau ada nyeri, ya patut disyukuri. Itu artinya organ kita normal, karena masih ada sensasi nyeri. Tetapi, kalau nggak merasakan nyeri, itu ada kemungkinan gangguan syaraf. Nyeri itu kan bagian dari proteksi tubuh,” kata dr. Arya dikutip dari Radarbali.id.

Tak ada efek samping lebih jauh pasca vaksinasi. Meski dalam referensi, efek samping akibat vaksinasi moderna lebih beragam.

Sejauh ini dirinya juga belum menerima laporan adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) berat dari tenaga kesehatan yang menerima vaksin Moderna.

Rasa nyeri dirasakan tenaga kesehatan usai disuntik vaksin. Rasa nyeri itu juga dirasakan Dirut RS Buleleng dr. Putu Arya Nugraha, Sp.PD

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News