Ukraina Minta Rusia Mengakhiri Agresi Sebelum KTT G20 di Bali, Sentil Peran Indonesia

Senin, 18 Juli 2022 – 15:24 WIB
Ukraina Minta Rusia Mengakhiri Agresi Sebelum KTT G20 di Bali, Sentil Peran Indonesia - JPNN.com Bali
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) seusai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis lalu (30/6). Foto: ANTARA FOTO/BPMI-Laily Rachev/rwa.

bali.jpnn.com, YOGYAKARTA - Harapan untuk hidup damai di tengah konflik Ukraina – Rusia masih ada.

Ukraina berharap Rusia segera mengakhiri agresi sebelum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di Bali, pada November 2022 mendatang.

Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin berharap posisi Indonesia sebagai Presidensi G20 mampu menyatukan negara-negara anggota untuk bersinergi menghentikan serangan Rusia ke negaranya.

"Kita semua berharap invasi di Ukraina bisa segera berakhir karena kita masih punya waktu 3,5 sampai empat bulan sebelum pertemuan di Bali berlangsung," kata Vasyl Hamianin di Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII), Sleman, Senin (18/7).

Dubes Vasyl Hamianin mengatakan setiap hari adalah waktu berharga untuk memastikan bahwa perang segera berakhir.

Menurutnya, saat ini adalah momentum bersejarah bagi Presiden Joko Widodo dan Bangsa Indonesia untuk ikut berkontribusi mewujudkan perdamaian.

"Ini momentum bersejarah bagi Presiden Joko Widodo, Pemerintah, dan Bangsa Indonesia," ujar Dubes Vasyl Hamianin.

Menurut Dubes Vasyl Hamianin, dukungan dunia internasional untuk menghentikan invasi itu tidak terkait dengan suka atau tidak suka terhadap Ukraina atau Rusia, tetapi lebih pada keberpihakan pada aspek kemanusiaan.

Pemerintah Ukraina minta Rusia mengakhiri agresi militer sebelum KTT G20 bergulir di Bali November 2022 mendatang, sentil peran besar Indonesia
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News