Ini Skenario Penanganan Kecelakaan di WSBK Mandalika, Perfek

Rabu, 10 November 2021 – 08:22 WIB
Ini Skenario Penanganan Kecelakaan di WSBK Mandalika, Perfek - JPNN.com Bali
Tim SAR melakukan simulasi penanganan korban kecelakaan saat ajang IATC dan WSBK yang berlangsung di Sirkuit Mandalika. (mataram.basarnas.go.id)

bali.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Untuk memantapkan skenario penanganan kecelakaan para pembalap yang terjadi di ajang Idemitsu Asia Talent Cup dan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, tim gabungan menggelar latihan simulasi kemarin.

Latihan yang berlangsung di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kuta Mandalika melibatkan unsur SAR, TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, RSUP NusaTenggara Barat (NTB),  PMI, dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Dalam simulasi terlihat helikopter Basarnas HR-3603 yang dipiloti Mayor Laut (P) Sinaga melaksanakan tiga kali evakuasi medical (medivac) udara.

Simulasi pertama diceritakan telah terjadi kecelakaan bus pariwisata.

Bus yang ditumpangi sejumlah wisatawan mengalami pecah ban, oleng, menabrak trotoar, lalu menyasar beberapa pejalan kaki.

Sopir bus mengalami luka parah dan  terjepit dashboard bus.

Sopir bus selanjutnya dikeluarkan oleh tim SAR menggunakan peralatan ekstrikasi dengan menerapkan teknik Vehicle Accident Rescue (VAR).

Untuk kecepatan evakuasi korban, tim SAR melaksanakan medivac udara menggunakan HR-3603 Basarnas.

Basarnas dan tim gabungan menyiapkan tiga skenario penanganan kecelakaan di WSBK Mandalika dengan perfek
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News