Begini Pola Penanganan Pasien Selama WSBK Mandalika, Siapkan RSD Mini

Minggu, 31 Oktober 2021 – 03:26 WIB
Begini Pola Penanganan Pasien Selama WSBK Mandalika, Siapkan RSD Mini - JPNN.com Bali
Suasana RSUD Kota Mataram yang bakal jadi rujukan pasien penonton WSBK di Sirkuit Mandalika. Foto: Antara/HO

bali.jpnn.com, MATARAM - Tim medis dari RSUD Kota Mataram menjadi bagian dari tim medis inti ajang World Superbike Championship (WSBK) di Sirkuit Mandalika 19 – 21 November mendatang bersama tim dari RSUP NTB untuk penanganan rider dan official di areal sirkuit.

Untuk meningkatkan standarisasi pelayanan, puluhan tim medis RSUD Kota Mataram mengikuti pelatihan dan simulasi penanganan pasien.

Total ada sekitar 50 tim medis RSUD Kota Mataram yang terlibat pelatihan bergabung bersama tim medis RSUP NTB.

“Tim medis yang ikut pelatihan tersebut merupakan tim dari Public Service Center (PSC) 119 yang merupakan tim layanan cepat tanggap darurat kesehatan di Kota Mataram,” ujar Direktur RSUD Kota Mataram dr Ni Ketut Eka Nurhayati.

Selama mengikuti pelatihan, tim medis diberikan pengenalan lapangan Sirkuit Mandalika untuk melihat titik-titik mana yang menjadi lokasi ditempatkannya dua mobil intervensi medis (intervention car) dan satu mobil medis (medical car).

“Tim medis mendapatkan pelatihan terkait penanganan pasien emergency (darurat), serta melakukan simulasi membawa pasien rujukan ke RSUP NTB,” katanya.

Menurutnya, simulasi dimaksudkan untuk mengetahui berapa waktu yang dibutuhkan dari areal sirkuit ke RSUP NTB, tanpa ada pengawalan.

Berdasar hasil simulasi, rencananya pasien dari tim ofisial akan dirujuk ke RSUP NTB.

Tim medis yang disiapkan untuk ajang WSBK di Sirkuit Mandalika mulai dilatih memilah pasien selama ajang balapan berlangsung
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News