Tambang Emas Ilegal Bermunculan di Sekotong, Awas, Polda NTB Incar Penambang Liar

Sabtu, 21 Agustus 2021 – 14:16 WIB
Tambang Emas Ilegal Bermunculan di Sekotong, Awas, Polda NTB Incar Penambang Liar - JPNN.com Bali
Alat pengolah batu emas yang menggunakan merkuri dengan mudah ditemui di rumah-rumah warga di pinggir jalan Sekotong. Seperti yang ada di bagian Sekotong Tengah ini. (Istimewa)

bali.jpnn.com, LOMBOK BARAT - Aktivitas tambang emas ilegal di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali marak beberapa bulan terakhir.

Penambangan yang berada di area pegunungan itu berpotensi merusak lingkungan lantaran pengunaan merkuri yang tidak terkontrol.

Kerusakan alam setempat berpotensi merusak citra pariwisata di Lombok Barat, NTB.

Kondisi tersebut mendapat perhatian Polda NTB yang menurunkan tim untuk melakukan pengecekan di lapangan.

“Tim  turun bersama Dinas LHK mengecek tambang liar di sana,” ujar Direktur Reskrimsus Polda NTB, Kombes I Gusti Putu Gede Ekawana Dwi Putera dikutip dari Radarlombok.co.id.

Perwira menangah Polri ini mengaku tengah mendalami unsur perbuatan melawan hukumnya.

Selain itu, kata Kombes Gede Ekawana, Polda NTB masih berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk mencari solusi penyelesaiannya.

Menurutnya, untuk menyelesaikan persoalan ini tidak bisa hanya dengan proses hukum. Sebab satu dua orang diproses hukum maka pelaku lain juga bakal bermunculan.

Aktivitas tambang liar di Sekotong, Lombok Barat, NTB, dalam tahap mengkhawatirkan. Kondisi ini memaksa Polda NTB turun tangan
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News