Prakiraan Cuaca: Angin Kencang Diatas 25 Knot, Konfluensi di Bali Hingga NTT

Jumat, 28 Januari 2022 – 18:04 WIB
Prakiraan Cuaca: Angin Kencang Diatas 25 Knot, Konfluensi di Bali Hingga NTT - JPNN.com Bali
Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Agung Sudiono Abadi . Foto: ANTARA/Aloysius Lewokeda

bali.jpnn.com, KUPANG - Potensi angin kencang masih melanda wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Agung Sudiono Abadi mengimbau warga agar mewaspadai potensi angin kencang dengan kecepatan lebih dari 25 knot tersebut. 

"Potensi angin kencang ini diakibatkan pusat tekanan rendah yang terpantau di Australia bagian barat yang meningkatkan kecepatan angin di Samudera Hindia di selatan NTT," katanya di Kupang, Jumat (28/1). 

Ia menyebutkan potensi angin kencang tersebut terjadi di sejumlah pulau di NTT seperti Pulau Timor, Sabu, Sumba, Rote, dan Flores. 

Selain itu, katanya, terdapat pertemuan angin (konfluensi) di Bali hingga NTT yang mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan (konvektif). 

Kondisi ini menyebabkan potensi hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat. 

Pihaknya mengimbau masyarakat di NTT agar tetap waspada akan potensi dampak hujan dan angin kencang yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, rob (banjir di wilayah pesisir), tanah longsor, pohon tumbang, maupun sambaran petir.

Masyarakat, kata dia, juga perlu melakukan mitigasi dengan menjaga lingkungan untuk meminimalisasi dampak bencana seperti memangkas pohon-pohon besar yang mudah rapuh, membersihkan saluran air, dan sebagainya.

Prakiraan cuaca hari ini: angin kencang bertiup diatas 25 knot, konfluensi di Bali hingga NTT

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News