Cegah Covid-19, Belasan Warga Binaan Lapas Atambua Bebas

Jumat, 28 Januari 2022 – 08:38 WIB
Cegah Covid-19, Belasan Warga Binaan Lapas Atambua Bebas - JPNN.com Bali
Pemberian program asimilasi kepada warga binaan di Lapas Atambua. Foto: ANTARA/HO-Lapas Atambua

bali.jpnn.com, ATAMBUA - Guna mencegah penyebaran Covid-19, belasan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) dibebaskan.

Lapas yang berada di kawasan perbatasan Indonesia-Timor Leste membebaskan 14 warga binaan pemasyarakatan (WBP) dalam program asimilasi cegah penyebaran Covid-19

"Sebelumnya pekan lalu kami sudah memberikan asimilasi kepada sembilan WBP, dan hari ini ada lima orang," kata Kepala Lapas Atambua Edwar Hadi, Jumat (28/1).

Edwar menjelaskan bahwa sebelum mendapatkan program asimilasi, sejumlah WBP itu sudah mengikuti program pembinaan dengan baik dan memenuhi syarat substantif dan administratif.

Ia menambahkan bahwa mereka yang mendapatkan SK asimilasi itu sesuai dengan Permenkumham No. 43 Tahun 2021 sebagai perubahan kedua atas Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020 tentang syarat dan tata cara pemberian asimilasi, pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas, dan cuti bersyarat bagi narapidana dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19. 

"Jadi memang ini sudah ada aturannya. Sehingga yang dilakukan juga sesuai dengan aturan Permenkumham," kata dia pula. 

Edwar juga mengimbau kepada para WBK agar memanfaatkan program asimilasi itu untuk berbuat yang baik di tengah masyarakat serta tidak mengulangi perbuatan-perbuatan kejahatan di tengah masyarakat yang bisa mengakibatkan penerima program asimilasi itu kembali lagi ke tahanan. 

Edwar menambahkan bahwa mereka yang mendapatkan program asimilasi itu sudah menerima vaksin lengkap yakni dosis satu dan dua, sehingga saat keluar WBP juga diberikan sertifikat vaksin yang selama ini disimpan. 

Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 lebih banyak, belasan warga binaan di Lapas Atambua dibebaskan
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News