Prakiraan Cuaca Hari Ini: Kupang, Belu dan Manggarai Barat NTT Siaga Dampak Hujan Lebat

Kamis, 20 Januari 2022 – 08:52 WIB
Prakiraan Cuaca Hari Ini: Kupang, Belu dan Manggarai Barat NTT Siaga Dampak Hujan Lebat - JPNN.com Bali
Prakiraan dampak hujan lebat di NTT. Foto: ANTARA/Ho-BMKG

bali.jpnn.com, KUPANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Kota Kupang dan tiga kabupaten lainnya di Provinsi  Nusa Tenggara Timur (NTT) masuk dalam daftar siaga dampak hujan lebat.

Dikutip dari laman resmi BMKG, Kamis (20/1), tiga kabupaten yang siaga itu adalah kabupaten Kupang, Manggarai Barat dan Belu.

Beberapa kabupaten lain masuk daftar waspada akibat hujan lebat, yakni kabupaten Rote Ndao, Sabu Raijua, Ngada, kabupaten Malaka, Sumba Tengah, dan Flores Timur.

Disamping itu juga kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Alo, Manggarai, Kabupaten Nagekeo dan kabupaten Sumba Timor serta kabupaten Sikka.

“Diimbau untuk siaga dan waspada dengan hujan lebat yang diperkirakan terjadi mulai Kamis (20/1) hingga Jumat (21/1) besok sejak pukul 08.00 WITA,” ujar Humas BKMG NTT.

Berbagai dampak yang terjadi akibat dampak hujan lebat itu seperti jembatan yang rendah tak bisa dilintasi, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah.

Kemudian juga volume aliran sungai meningkat akibat banjir, aliran banjir berbahaya dan dapat mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.

Karena itu BMKG mengimbau agar masyarakat berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah sambil memperbaharui informasi melalui media massa maupun media sosial.

Prakiraan cuaca hari ini versi BMKG: Kabupaten Kupang, Belu dan Manggarai Barat NTT siaga dampak hujan lebat yang akan berlangsung hingga Jumat besok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News