Prakiraan Cuaca di NTT: Curah Hujan Bulan Februari Mulai Normal, Kecuali di Wilayah Ini

Kamis, 20 Januari 2022 – 03:16 WIB
Prakiraan Cuaca di NTT: Curah Hujan Bulan Februari Mulai Normal, Kecuali di Wilayah Ini - JPNN.com Bali
Ilustrasi cuaca. (dok.jpnn.com)

bali.jpnn.com, KUPANG - Stasiun Klimatologi Kupang Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis update cuaca di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berdasar hasil analisis dengan Climate Prediction Tools (CPT) dan Probabilistik ECMWF serta mempertimbangkan dinamika atmosfer-lautan, curah hujan di NTT pada Februari diperkirakan bersifat normal.

Kondisi ini berbeda dengan curah hujan pada Desember 2021 yang berkisar 201–300 milimeter per bulan dengan sifat hujan di NTT pada umumnya adalah atas normal.

"Pada umumnya wilayah NTT pada Februari mendatang mengalami curah hujan berkisar 201-300 milimeter per bulan dengan sifat hujan normal," kata Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang Rahmattulloh Adji.

Meski demikian, kata dia, sebagian kecil wilayah yang tersebar di 22 kabupaten/kota juga mengalami curah hujan dengan sifat hujan di atas normal.

Karena itu, Rahmattulloh Adji mengimbau warga tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana hidrometeorologi.

Seperti banjir atau banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, maupun sambaran petir.

Ia menganjurkan masyarakat terutama yang tinggal di sekitar aliran sungai atau wilayah lereng agar segera melakukan upaya-upaya mitigasi bencana ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan berlangsung dalam waktu yang lama.

Prakiraan Cuaca di Provinsi NTT, curah hujan bulan Februari mulai normal, kecuali di beberapa wilayah di NTT

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News