Prakiraan Cuaca Hari Ini: Waspadai Hujan Lebat dan Tinggi Gelombang 4 Meter

Selasa, 18 Januari 2022 – 01:11 WIB
Prakiraan Cuaca Hari Ini: Waspadai Hujan Lebat dan Tinggi Gelombang 4 Meter - JPNN.com Bali
Ilustrasi cuaca. (dok.jpnn.com)

bali.jpnn.com, JAKARTA - BMKG mengidentifikasi potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan di sebagian besar wilayah Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti Cold Surge atau Seruakan Massa Udara Dingin dari Asia menuju wilayah Indonesia.

Aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial di beberapa wilayah ikut berpengaruh dengan peningkatan curah hujan ini.

Ditambah pola tekanan tekanan rendah dari Australia Barat ikut memicu terbentuknya pumpunan dan belokan angin, diperkuat dengan adanya pengaruh labilitas udara dalam skala lokal.

"Kondisi tersebut secara signifikan dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem dalam periode sepekan ke depan hingga 22 Januari mendatang," ujar Guswanto.

Dampaknya adalah munculnya potensi cuaca ekstrem di Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Kondisi cuaca ekstrem berupa hujan lebat, angin kencang dan gelombang tinggi juga diprediksi terjadi di wilayah Sumatra Barat, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur.

Potensi cuaca ekstrem juga terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo Sulawesi Tenggara.

Prakiraan cuaca hari ini: BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai hujan lebat dan tinggi gelombang 4 meter di sejumlah wilayah termasuk Bali dan Nusra
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News