Cuaca Buruk: Angin Kencang Landa NTT, Dipicu Tekanan Rendah Australia Barat

Senin, 17 Januari 2022 – 09:56 WIB
Cuaca Buruk: Angin Kencang Landa NTT, Dipicu Tekanan Rendah Australia Barat - JPNN.com Bali
Arsip Foto. Angin kencang menyebabkan pohon tumbang di Kota Kupang, NTT. Foto: ANTARA/Aloysius Lewokeda

bali.jpnn.com, KUPANG - Waspada cuaca ekstrem di wilayah Indonesia terutama Nusa Tenggara Timur (NTT) harus ditingkatkan, sampai dengan batas waktu yang belum bisa dipastikan.

Oleh karena itu, Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi mengimbau warga waspada karena angin kencang diprakirakan meliputi NTT. 

"Potensi angin kencang dipicu tekanan rendah yang terpantau di Australia Barat bagian utara atau di selatan NTT," katanya ketika dihubungi dari Kupang, Minggu (16/1). 

Selain memicu datangnya angin dengan kecepatan lebih dari 25 knot di wilayah NTT, ia mengatakan, tekanan rendah di Australia Barat bagian utara meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan serta gelombang tinggi. 

Untuk itu, Agung juga mengimbau warga mewaspadai kemungkinan terjadi bencana hidrometeorologi akibat peningkatan curah hujan seperti banjir dan tanah longsor. 

Warga yang tinggal di dekat aliran sungai dan daerah lereng diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan. 

"Pohon-pohon yang rindang atau yang sudah rapuh di sekitar tempat tinggal juga agar dipangkas," katanya.

Hal ini, tentu untuk mengurangi potensi timbulnya korban saat terjadi bencana. (antara/ket/JPNN)

Cuaca Buruk: angin kencang diprakirakan melanda wilayah NTT, dipicu oleh adanya tekanan rendah di sekitaran Australia Barat

Redaktur & Reporter : Ni Ketut Efrata Fransiska

Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News