Cuaca Besok: Bali Masih Dilanda Hujan Ekstrem, Gelombang Tinggi dari Kepulauan Natuna Hingga Papua

Senin, 17 Januari 2022 – 09:27 WIB
Cuaca Besok: Bali Masih Dilanda Hujan Ekstrem, Gelombang Tinggi dari Kepulauan Natuna Hingga Papua - JPNN.com Bali
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sultan Baabullah Ternate menyebut, kondisi cuaca di perairan Maluku Utara (Malut) umumnya masih ekstrem dan sangat berbahaya bagi aktivitas pelayaranan, terutama pengguna kapal-motor berukuran kecil. Foto: ANTARA/Abdul Fatah

bali.jpnn.com, JAKARTA - Bali dan sejumlah wilayah lain di Indonesia masih diprakirakan mengalami hujan yang cukup ekstrem.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di sebagian besar wilayah Indonesia mulai 17-22 Januari 2022.

"Berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini, BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan di sebagian besar wilayah Indonesia," ujar Deputi Bidang Meteorologi Guswanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (16/1).

Potensi cuaca besok yang ekstrem dikeluarkan untuk Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Terjadi juga di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo Sulawesi Tenggara.

Peringatan dini ini diberikan mengingat adanya potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat, angin kencang dan gelombang tinggi.

BMKG juga meemprakirakan adanya potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi terjadi di wilayah Sumatra Barat, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur.

Waspada potensi tinggi gelombang, dengan tinggi Gelombang 2,5 - 4,0 meter (Rough Sea) pada beberapa perairan di wilayah Indonesia, yaitu Laut Natuna Utara, Perairan utara Kepulauan Anambas-Kepulauan Natuna, Laut Jawa bagian tengah dan timur, Perairan selatan Jawa Timur hingga P.Sumba, Perairan selatan P.Sawu hingga P.Rotte, Laut Sawu bagian selatan, Samudra Hindia selatan Jawa hingga NTT, Selat Makassar bagian selatan, Laut Banda, Laut Arafuru, Perairan Kep.Sangihe-Kep.Talaud, Perairan utara Halmahera, Laut Halmahera, Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua. 

Cuaca Besok: wilayah Bali diprakirakan masih dilanda hujan ekstrem, juga terjadi gelombang tinggi dari Kepulauan Natuna hingga Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News