Wow, 18 Desa Penyangga KEK Mandalika Dibikin Kinclong Jelang MotoGP 2022

Jumat, 07 Januari 2022 – 07:34 WIB
Wow, 18 Desa Penyangga KEK Mandalika Dibikin Kinclong Jelang MotoGP 2022 - JPNN.com Bali
Sirkuit Mandalika siap menggelar ajang WSBK, MotoGP bahkan Formula 1. Foto: ANTARA

bali.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - 18 desa penyangga di area Sirkuit Mandalika bakal dibikin lebih kinclong jelang ajang MotoGP Maret 2022 mendatang.

18 desa yang masuk area Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika itu berada di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sejumlah desa penyangga di KEK Mandalika yang dibikin kinclong antara lain Desa Mertak, Desa Rembitan, Desa Prabu, Desa Kuta, Desa Sukadana, Desa Tanak Awu, dan Desa Sengkol.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMPD-Dukcapil) NTB Azhari mengatakan langkah ini dilakukan agar warga lokal bisa mengambil manfaat dari ajang dunia ini.

"Intervensi kita berikan ke desa-desa ini agar mereka betul-betul mendapatkan manfaat dari event balap di Sirkuit Mandalika.

Sesuai arahan Pak Gubernur, warga lingkar Mandalika tidak akan lagi jadi penonton, tetapi menjadi pemain di event dunia itu," ujar Azhari.

Selain desa, masyarakatnya juga akan ditingkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) hingga penyiapan usaha ekonomi kreatif yang dimiliki desa tersebut.

Menurut Azhari, pelibatan masyarakat desa dalam event MotoGP 2022 merupakan sebuah keharusan. Hal ini sesuai instruksi Presiden Joko Widodo yang meminta ajang internasional di NTB memberi dampak positif bagi perekonomian warga.

Wow, 18 desa penyangga KEK Mandalika yang masih masuk area Sirkuit Mandalika bakal dibikin kinclong menjelang MotoGP 2022
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News