Angkasa Pura 1 Klaim Bandara Lombok Tak Terdampak Letusan Gunung Semeru

Minggu, 05 Desember 2021 – 10:36 WIB
Angkasa Pura 1 Klaim Bandara Lombok Tak Terdampak Letusan Gunung Semeru - JPNN.com Bali
Suasana Bandara Internasional Lombok yang tidak terpengaruh letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Foto: ANTARA

bali.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Humas PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Arif Haryanto, memastikan  letusan abu vulkanik Gunung Semeru di Jawa Timur tidak berdampak pada aktivitas perjalanan transportasi udara pesawat di Bandara Lombok, NTB.

Baik rute ke Surabaya maupun Jakarta serta Denpasar, Bali.

"Sampai saat ini tidak ada yang terpengaruh, semua penerbangan dari atau keluar Bandara Lombok tetap normal," kata Arif Haryanto.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan abu vulkanik dari Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, sangat berpotensi mempengaruhi aktivitas penerbangan.

Potensi abu vulkanik pada malam hari ini bergerak ke arah barat laut pada ketinggian 0 sampai 30.000 kaki, kemudian hingga di atas 50.000 kaki bergerak ke arah barat.

Namun, berdasar hasil pantauan di lapangan saat ini belum terlihat pengaruh dari abu vulkanik yang masuk ke wilayah tersebut

Berdasar data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Gunung Semeru masih dalam status level II atau "Waspada".

Namun, potensi terjadinya awan panas guguran dinilai masih tinggi, ditambah dengan material lahar dingin yang terus mengalir di daerah aliran sungai.

PT Angkasa Pura 1 mengeklaim Bandara Internasional Lombok belum terdampak letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur