Warning Kejati Bali: Calon Tersangka Lain Korupsi Dana SPI Unud Mohon Bersiap

Senin, 13 Februari 2023 – 10:44 WIB
Warning Kejati Bali: Calon Tersangka Lain Korupsi Dana SPI Unud Mohon Bersiap - JPNN.com Bali
Penyidik Pidsus Kejati Bali menyita ratusan dokumen terkait pengelolaan dana Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) mahasiswa baru jalur mandiri tahun akademik 2018/2019 - 2022/2023 dari gedung Rektorat Universitas Udayana, beberapa waktu lalu. Foto: ANTARA/Rolandus Nampu

bali.jpnn.com, DENPASAR - Warning untuk pejabat Universitas Udayana (Unud) yang terlibat penyalahgunaan dana Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sebesar Rp 3.8 miliar.

Pasalnya, penyidik Pidana Khusus (Pidus) Kejati Bali tengah membidik pelaku lain setelah penetapan IKB, IMY dan NPS sebagai tersangka.

"Penyidik Kejati Bali akan meminta keterangan terhadap para saksi untuk mendalami peran tersangka IKB, IMY dan NPS,  serta pihak lain yang patut diduga bersama-sama dengan ketiga tersangka melakukan dugaaan korupsi dana SPI,” ujar Kasipenkum Kejati Bali A Luga Harlianto kemarin.

Materi pemeriksaan masih seputar kasus dugaan penyalahgunaan dana SPI mahasiswa baru jalur mandiri Unud pada tahun akademik 2018/2019 sampai 2022/2023.

Menurut A Luga Harlianto, terbuka kemungkinan ada pihak-pihak lain yang patut diduga melakukan perbuatan bersama-sama ketiga tersangka yang telah ditetapkan oleh Kejati Bali.

"Begitu pula terhadap bentuk perbuatan penyalahgunaan lainnya terkait dana SPI selain perbuatan yang telah ditetapkan tersangka ini," kata dia.

A Luga Harlianto mengatakan langkah ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Kepala Kejati Bali menindak pelaku tindak pidana korupsi di sektor pendidikan.

Menurutnya, pada prinsipnya penyidik bekerja optimal menemukan alat bukti, lalu membuat terang tindak pidana yang terjadi yang pada akhirnya akan ditemukan pihak yang akan ditetapkan sebagai tersangka.

Warning penyidik Kejati Bali untuk pejabat Unud: Calon tersangka lain korupsi dana SPI Universitas Udayana mohon bersiap
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News