BNPT Duga KKB Menikmati Dana Otsus Papua, Reaksi Sultan Tegas

Rabu, 11 Mei 2022 – 15:46 WIB
BNPT Duga KKB Menikmati Dana Otsus Papua, Reaksi Sultan Tegas - JPNN.com Bali
Ilustrasi KKB di pegunungan tengah Papua. Foto: Antara/Istimewa

bali.jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar tidak secara lugas mengatakan Dana Otonomi Khusus (Otsus) dengan jumlah tertentu diterima dan disalahgunakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Komjen Boy Rafli Amar menegaskan bahwa bantuan dalam bentuk dana untuk Papua, termasuk dana otsus ataupun dana desa, diorientasikan untuk kesejahteraan masyarakat dan pembangunan di provinsi itu.

Namun, Komjen Boy tidak menampik indikasi dana tersebut diselewengkan untuk mendukung aksi kekerasan di Papua meski harus dibuktikan validitasnya.

Pernyataan BNPT ini mengundang reaksi DPD RI.

Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin meminta pemerintah dan BPK RI memberikan penjelasan terkait informasi dari BNPT yang menyebutkan adanya indikasi dana otsus Papua bocor dan dinikmati oleh KKB selama ini.

“Jika informasi ini terbukti benar, kami berharap pemerintah, baik pusat dan daerah terkait memberikan penjelasan kepada masyarakat.

Ini penting agar tidak terjadi kesimpangsiuran informasi di tengah agresivitas KKB yang sering kali merugikan muruah bangsa Indonesia,” ungkap Sultan Najamudin.

Menurut Sultan, pemerintah dan BPK harus terbuka dan bertanggung jawab terhadap informasi yang disampaikan oleh Kepala BNPT Boy Rafli.

BNPT menduga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menikmati dana Otsus Papua, reaksi Sultan Najamudin tegas
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News